ASI sebagai alat bantu tidur

Siapa yang tidak suka minum susu hangat sebelum tidur?

Kita semua sudah lama tahu bahwa Air Susu Ibu (ASI) adalah sangat bagus untuk perkembangan bayi. Mengandung berbagai campuran komponen vital yang penting bagi bayi yang baru lahir (newborn), meningkatkan kekebalan tubuh mereka, memberikan perlindungan dari berbagai hal, dari asma dan alergi hingga sindroma kematian mendadak pada bayi (SIDS) dan obesitas, bahkan meningkatkan IQ. Tapi tahukah Anda, bahwa ASI mungkin bisa menjadi teman terbaik bagi ibu yang kelelahan?

Menurut sebuah penelitian terhadap pertumbuhan badan, ASI mengandung semua bahan yang diperlukan oleh bayi untuk mendapatkan tidur malam yang baik – dimulai dengan kandungan lemak. Ketika mencari ke dalam sel-sel induk dalam ASI, para peneliti di University of Western Australia menemukan bahwa kandungan lemak pada air susu ibu, yang secara alami meningkat selama menyusui, terus meningkat selama setengah jam setelah bayi disusui, sebelum mulai menurun kembali. Dan hal ini memberikan implikasi menarik bagi ibu yang lelah.

Selama ini, orang-orang selalu mengusulkan, bahwa jika bayi Anda tidak tenang – jika Anda sudah memeluknya, mengganti popok dan dia bisa tetap rewel – dan itu ½ jam sesudah menyusui, maka taruh kembali bayi ke dada Anda dan susuilah dia. Dengan adanya penelitian baru ini, didapati indikasi mengapa ini berhasil – karena bayi mendapatkan susu dengan lemak yang lebih tinggi.

Kita juga tahu bahwa ASI mengandung berbagai hormon, termasuk oksitosin (oxytocin), prolaktin (prolactin), melatonin dan cholecystokinin, yang membantu rileks ibu dan bayi. Tidur adalah masalah yang kompleks. Sebagai contoh, melatonin, hormon tidur, tidak terdeteksi dalam ASI pada siang hari tapi memuncak pada malam hari, tetapi tidak diketahui penyebabnya. Tetapi hal ini mungkin memberikan stimulus lain untuk melatih siklus tidur-bangun si bayi.

Waktu adalah Segalanya

Bahkan yang lebih menarik adalah penelitian yang dilakukan di luar negeri, yang telah menunjukkan bahwa waktu pemberian  makan (menyusui) bayi Anda mungkin sangat penting bagi bayi untuk mendapatkan  istirahat malam yang baik. Para ilmuwan Spanyol telah mempelajari sampel ASI yang diambil dari ibu-ibu yang sehat pada waktu yang berbeda hari dalam 1 hari, dan menemukan bahwa konsentrasi dari komponen ASI dapat bervariasi secara signifikan selama periode 24-jam.

Yang menarik di sini adalah komponen yang disebut nukleotida (nucleotides). Ini adalah blok bangunan DNA dan juga diketahui memiliki peran dalam meningkatkan dan membuat rileks sistem saraf, dimana nukleotida ini memiliki efek pada tidur. Para peneliti Spanyol menemukan konsentrasi dari nukleotida induksi-tidur menjadi lebih kuat pada malam hari daripada siang hari, dan untuk alasan ini mereka percaya ASI harus diberikan pada saat masih segar.

ASI memiliki kandungan khusus-siang hari yang menstimulasi  atau merangsang aktivitas pada bayi, dan kandungan khusus-malam hari yang membantu bayi untuk beristirahat. Ini adalah kesalahan bagi ibu yang memompa susu pada waktu tertentu dan kemudian menyimpannya dan memberi makan bayi pada waktu yang berbeda. ”

Memompa Susu

Tapi apa artinya ini bagi ibu yang tidak bisa memberikan bayi mereka ASI segar dari payudara? Mengikuti hasil penelitian ini, maka disarankan ke para ibu untuk mencatat waktu mereka memompa susu, bekukan, untuk kemudian diberikan pada waktu yang sama hari berikutnya, tapi seorang pakar laktasi – Kate Mortensen, manajer Resource Centre Asosiasi Laktasi Menyusui Australia – kurang setuju dengan saran ini.

“Saya pikir seorang ibu sudah melakukan dengan sangat baik untuk memompa ASI dan kemudian memberikan kepada bayinya kapan saja. Mencoba memberikan susu yang sama pada waktu yang sama, itu khawatir berlebihan dan saya tidak berpikir itu memberikan perbedaan yang besar, “katanya.

“Selalu menarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang menyusui dan betapa istimewanya hal itu, tetapi ada begitu banyak hal lain dalam ASI yang menyebabkan kantuk pada bayi sehingga saya pikir para ibu tidak perlu menambahkan stres ekstra dalam kehidupan mereka.”

Sebaliknya, Kate mengatakan kita perlu ingat bahwa memberikan ASI kapan saja memberikan manfaat yang baik bagi bayi. “Kami hanya mulai memahami semua hal khusus tentang ASI,” katanya. “ASI luar biasa kompleks dan ada begitu banyak unsur interaktif yang bekerja bersama-sama dalam ASI. Jika kamu tidak bisa menyusui bayi Anda secara langsung dari payudara, maka memompa ASI adalah pilihan terbaik berikutnya, dan dengan melakukan itu Anda sudah melakukan hal yang bagus.”

, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

  1. Leave a comment

Tinggalkan komentar Anda di sini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: